Fakta Unik Tubuh Manusia

  1. Setiap satu jam miliar sel di dalam tubuh harus diganti.
  2. Mata manusia bisa membedakan 500 warna abu-abu.
  3. Tulang paha manusia lebih kuat dari beton.
  4. Hati manusia mampu menciptakan tekanan yang cukup untuk menyemprotkan darah sejauh 30 kaki (9 m).
  5. Mata kita selalu berukuran sama sejak lahir, tapi hidung dan telinga kita tidak pernah berhenti tumbuh.
  6. Batuk rata-rata yang keluar dari mulut kita berkecepatan 60 mil (96,5 km) per jam.
  7. Janggut adalah bulu yang tumbuhnya paling cepat pada manusia. Jika pria rata-rata tidak pernah memangkas janggutnya, maka hal ini akan membuatnya tumbuh hingga hampir 30 kaki dalam hidup.
  8. Mata bayi tidak menghasilkan air mata sampai si bayi berumur sekitar enam atau delapan minggu.
  9. Setiap orang memiliki bentuk lidah yang berbeda. 
  10. Bersin dapat melampaui kecepatan 100 m/jam.
  11. Sel-sel mati dalam tubuh kita akhirnya dibawa ke ginjal untuk eksresi.
  12. Senyum adalah ekspresi wajah yang paling sering digunakan. Senyum dapat dilakukan di mana saja dari 5 hingga 53 pasang otot wajah.
  13. Satu dari 20 orang memiliki tulang rusuk lebih.
  14. Orang-orang dengan kulit gelap tidak akan mengkerut secepat orang dengan kulit terang.
  15. Darah manusia melalui perjalanan 60.000 (96.540 km) per hari pada perjalanan melalui tubuh.
  16. 85% dari populasi dapat menekuk lidah mereka ke dalam sebuah tabung.
  17. Dibutuhkan tujuh detik untuk makanan pergi dari mulut ke lambung melalui kerongkongan.
  18. Hati wanita berdetak lebih cepat daripada laki-laki.
  19. Dalam satu hari, jantung kita berdenyut 100.000 kal1.
  20. Rambut terbuat dari bahan yang sama seperti kuku.
  21. Asam lambung kita sebenarnya cukup kuat untuk mencerna seng dan timah. Untungnya sel-sel pada dinding lambung kita diperbarui dengan sangat cepat sehingga asam lambung gak sempet berbalik jadi “senjata makan tuan”.
  22. Paru-paru terdiri dari 3 milyar capillaries (urat nadi kecil). Kalo urat-urat ini disambung jadi satu panjangnya bisa mencapai 2400 km.
  23. Testikel pria menghasilkan 10 juta sperma baru tiap hari.. Cukup untuk mengganti semua manusia di muka bumi ini hanya dalam waktu 6 bulan.
  24. Tulang Manusia itu sangat kuat – sekuat batu granit dalam menahan beban. Percobaan dengan sepotong tulang dengan ukuran sebesar korek api bisa menahan beban sampai 9 ton – 4 kali lebih kuat dari besi beton.
  25. Kuku kita perlu waktu 6 bulan untuk tumbuh dari pangkal sampai ke ujung jari.
  26. Organ terbesar dalam tubuh kita adalah kulit. Laki-laki dewasa luas kulitnya sekitar 1,9 m2. Kulit terus menerus diperbarui oleh tubuh kita dan sepanjang hidup setiap orang menghasilkan limbah kulit seberat 18 kg.
  27. Ketika kamu tidur tubuhmu mengembang sekitar 8 mm. Saat kamu bangun tubuhmu mengerut lagi seperti semula. Kenapa bisa begitu ? Ternyata tulang rawan kita bisa mengembang dan mengerut (saat berdiri dan duduk) seperti spon karena pengaruh gravitasi.
  28. Rata-rata orang Amerika makan 50 ton dan minum 50 ribu liter air sepanjang hidupnya (orang indonesia gak tau ni berapa).
  29. Setiap ginjal terdiri dari 1 juta filter tunggal yang menyaring rata-rata 1,3 liter darah per menit dan menghasilkan 1,4 liter urin sehari.
  30. Otot pada bola mata kita bergerak sekitar 100 ribu kali sehari.. Sebagai perbandingan kalau diterapkan pada otot kaki kita sama dengan berjalan 80 km setiap hari.
  31. Dalam waktu 30 menit panas rata-rata tubuh kita cukup buat merebus setengah galon air.
  32. Satu sel tunggal tubuh kita hanya perlu waktu 60 detik untuk mengelilingi tubuh kita.
  33. Kulup dari bayi yg disunat bisa tumbuh dari seukuran prangko menjadi seluas 3x lapangan basket. Hebat kan . Keajaiban dari science. Laboratorium menumbuhkan kulit ini untuk mengganti kulit korban luka bakar.
  34. Sejak kita lahir sampai sekarang hanya ada satu bagian tubuh kita yg ukurannya gk pernah berubah – Bola Mata.
  35. Menurut Darwin (dan beberapa ilmuwan lain) usus buntu itu dulu sebenarnya adalah bagian ketiga dari sistem pencernaan kita. Fungsinya untuk mencerna daun! Oleh karena manusia berhenti makan daun mentah dan mulai memasak semua makanannya akhirnya usus buntu kehilangan pekerjaannya. ( kalau ini bisa dibilang msiteri)
  36. otak tidak merasa sakit: Meskipun otak memproses sinyal rasa sakit, otak itu sendiri tidak benar-benar merasa sakit.
  37. Otak Anda memiliki kebutuhan oksigen besar: otak Anda membutuhkan 20 persen dari oksigen dan kalori yang dibutuhkan tubuh,walaupun otak anda berat nya hanya 2% dari berat tubuh anda.
  38. 80% dari otak adalah air: Bukannya relatif padat. Ini berarti bahwa penting agar Anda tetap terhidrasi dengan baik demi pikiran Anda.
  39. Otak Anda keluar untuk bermain di malam hari: Anda akan berpikir bahwa otak Anda lebih aktif di siang hari,. Tapi itu tidak. Otak Anda lebih aktif ketika Anda tidur.
  40. Otak Anda beroperasi pada daya 10 watt: Memang benar, Kekuatan komputasi yang menakjubkan dari otak Anda hanya membutuhkan sekitar 10 watt untuk beroperasi.
  41. I.Q yg tinggi lebih banyak bermimpi.I.Q tinggi juga bisa melawan penyakit mental. Beberapa orang bahkan percaya bahwa mereka lebih cerdas dalam mimpi mereka daripada ketika mereka terjaga.
  42. Perubahan bentuk otak selama masa pubertas: masa remaja Anda melakukan lebih dari hanya mengubah apa yang Anda rasakan; struktur otak and berubah selama masa remaja dan bahkan mempengaruhi impulsif/perilaku berisiko.
  43. Otak Anda dapat menyimpan semua: Secara teknis, otak Anda memiliki kapasitas untuk menyimpan segala sesuatu atas pengalaman anda, melihat, membaca atau mendengar. Namun, isu sebenarnya adalah ingat.
  44. Informasi dalam otak Anda berjalan pada kecepatan yang berbeda: neuron di otak Anda dibangun berbeda, dan informasi di sepanjang perjalanan mereka pada kecepatan yang berbeda. Inilah sebabnya mengapa kadang Anda bisa mengingat kembali informasi secara langsung, dan kadang-kadang memerlukan waktu yg sedikit lebih lama. 
  45. Bau anda yg unik: tubuh Anda memiliki bau yg unik untuk Anda - kecuali Anda memiliki kembar identik. Bahkan bayi mengenali aroma individu ibu mereka.
  46. Manusia menggunakan echolocation: Manusia dapat menggunakan suara untuk mengenali objek dengan menggunakan echolocation. Diperkirakan bahwa orang-orang yang buta mengembangkan kemampuan ini untuk efektivitas tinggi.
  47. Adrenalin memberi Anda kekuatan super: Ya, dengan respon yang tepat dalam situasi tertentu, Anda benar-benar bisa mengangkat mobil.
  48. Perempuan lebih baik daripada laki-laki untuk mengidentifikasi bau.
  49. Hidung Anda dapat mengingat 50.000 aroma.
  50. Pendengaran Anda menurun ketika Anda makan terlalu banyak: Bila Anda makan terlalu banyak, itu benar-benar mengurangi kemampuan Anda untuk mendengar. Jadi mempertimbangkan makanan sehat - dan hanya sampai kenyang.
  51. Feeling waktu Anda ada di kepala Anda: Beberapa berspekulasi stres dapat membantu pelebaran waktu anda. Rupanya, manipulasi waktu tidak hanya untuk pahlawan super. 
  52. Gigi Anda tumbuh sebelum kelahiran: Meskipun dibutuhkan beberapa bulan setelah Anda lahir untuk melihat gigi, sebenarnya mereka mulai tumbuh sekitar enam bulan sebelum Anda lahir.
  53. Bayi lebih kuat dari lembu: Untuk ukuran mereka, bayi cukup kuat.
  54. Bayi selalu memiliki mata biru ketika mereka dilahirkan: Melanin dan pancaran sinar ultraviolet diperlukan untuk membawa keluar warna asli dari mata bayi. Sampai saat itu mereka semua memiliki mata biru.
  55. Perempuan mungkin secara intrinsik biseks, studi yang menunjukkan bahwa perempuan mungkin biseksual intrinsik, sedangkan pria biasanya gay.
  56. Sebagian besar pria ereksi biasa saat tidur: Setiap jam ke satu setengah jam, pria ereksi saat tidur- meskipun mereka mungkin tidak menyadarinya.
  57. Seks bisa menjadi penghilang rasa sakit: Meskipun sakit kepala menjadi alasan yang sering digunakan untuk menghindari seks, kenyataannya adalah bahwa hubungan dapat memberikan bantuan nyeri. Seks juga dapat membantu Anda mengurangi stres.
  58. Coklat lebih baik daripada seks: Dalam beberapa penelitian, wanita mengklaim bahwa mereka lebih suka coklat daripada seks. Tapi apakah itu benar-benar menyebabkan orgasme? 
  59. Earwax diperlukan: Jika Anda ingin mempunyai telinga yg sehat.
  60. Kaki Anda bisa menghasilkan setengah liter keringat per hari: Ada 500.000 (250.000 untuk setiap kaki) kelenjar keringat di kaki Anda, yang berarti banyak bau keringat.
  61. Sepanjang hidup Anda, jumlah air liur Anda bisa mengisi dua kolam renang: Karena air liur adalah bagian penting dari pencernaan, memang mengherankan mulut kecil Anda dapat membuat begitu banyak air liur.
  62. Suatu kandung kemih penuh seukuran dengan bola softball: Bila kandung kemih penuh, ia dapat menahan sampai 800 cc cairan.
  63. Anda mungkin mengeluarkan gas 14 kali sehari: Rata-rata, Anda akan mengusir perut kembung beberapa kali sebagai bagian dari pencernaan.
  64. Kecepatan bersin dapat melebihi 100 mph: Ketika bersin meninggalkan tubuh Anda, ia melakukannya dengan kecepatan tinggi - sehingga Anda harus menghindari menekan dan menyebabkan kerusakan pada tubuh Anda.
  65. Batuk berkecepatan pada 60 mph: Batuk jauh kurang berbahaya, dengan kecepetan pada 60 mph, meski itu masih kecepatan rata" di jalan raya. 
  66. Tulang dapat merusak diri sendiri: Dimungkinkan untuk tulang Anda untuk "self dectruct" tanpa asupan kalsium yang cukup.
  67. Anda lebih tinggi di pagi hari: Sepanjang hari itu, tulang rawan antara tulang Anda dikompresi, membuat Anda lebih pendek sekitar 1 cm pada akhir hari.
  68. 1/4 dari tulang Anda ada di kaki Anda: Ada 26 tulang di masing-masing kaki, yang berarti bahwa 52 tulang adalah 25 persen dari 206 tulang tubuh Anda.
  69. Dibutuhkan otot lebih untuk cemberut daripada tersenyum: Diperlukan 17 otot untuk tersenyum dan 43 otot untuk cemberut.
  70. Bila Anda mengambil langkah, Anda menggunakan hingga 200 otot: Berjalan menggunakan banyak kekuatan otot - terutama jika Anda mengambil langkah-langkah ke 10.000 Anda.
  71. Lidah Anda adalah otot terkuat dalam tubuh Anda: Dibandingkan dengan ukurannya, lidah adalah otot terkuat. Tapi Anda tidak dapat mengangkat beban dengan itu.
  72. Tulang bisa lebih kuat dari baja: ini adalah perbandingan /kg, karena baja padat dan memiliki kekuatan tarik lebih tinggi. 
  73. Kepala dapat menciptakan suara didalam: Ini jarang terjadi, tapi syndrom kepala meledak memang ada.
  74. Anda tidak dapat menggelitik diri sendiri: Silakan anda Coba untuk menggelitik diri sendiri.
  75. Menjadi kidal dapat memperpendek umur Anda: Jika Anda bertangan kanan Anda bisa hidup hingga sembilan tahun lebih lama daripada kidal.
  76. Hanya manusia yang meneteskan air mata emosional: Setiap binatang lain yang memproduksi air mata punya alasan fisiologis untuk melakukannya. 
  77. Setiap hari Anda (kecuali Anda tak berambut/botak), Anda akan kehilangan 100 helai rambut dan 36.000 tiap tahun.
  78. Tubuh kita dapat bertahan hidup lebih lama tanpa makan dari pada tanpa tidur. kelaparan hanya mengakibatkan kita meninggal dalam beberapa minggu, sedang jika kita tidak tidur sama sekali, kita akan meninggal dalam waktu 10 hari saja
  79. Manusia rata-rata meminum air sebanyak 16.000 galon selama hidupnya.
  80. Bayi lahir dengan 300 tulang, tapi ketika kita dewasa hanya tersisa 206 tulang saja, itu karena saat kita lahir tulang kita masih rapuh dan belum menyatu. 
  81. Jantung kita berdetak sebanyak 37.000.000 kali dalam setahun, selama hidup sekitar 2 atau setengah miliyar kali.
  82. Setiap inci kulit kita dihuni sekitar 32 juta koloni bakteri, itu aja udah termasuk yang rajin mandi lho... 
  83. Organ dalam terbesar kita adalah usus kecil dengan panjang 20 kaki lebih.
  84. 85% otak kita adalah air.
  85. 300 juta sel kulit kita akan mati tiap menitnya 
  86. Organ terbesar kita adalah kulit dengan ukuran 25 kaki persegi.
  87. Kulit kita mengelupas sebanyak 600.000 partikel perhari,1,5 pound perhari. dalam usia 70 tahun kehilangan 105 pon perhari
  88. Kulit kita mengelupas tiap 27 hari, hampir 1000-an kulit baru manusia tumbuh dalam seluruh hidupnya.
  89. Rata-rata lama hubungan sex manusia hanya 2 menit
  90. Anda tidak akan pernah bisa bunuh diri hanya dengan menahan napas, lebih baik gantung diri.
  91. Anda berkedip hampir 84 juta kali dalam setahun.
  92. Saat kita bersin, semua organ akan berhenti bekerja.
  93. Bayi lahir tanpa tempurung kaki hingga umur 2-6 tahun.
  94. Rambut di hidung kita rata-rata akan tumbuh 2 meter selama kita hidup.
  95. Virus flu lebih mudah menyebar akibat berjabat tangan daripada berciuman, mungkin karena tangan kita akan senantiasa mengambil apapun termasuk makanan.
  96. Gigi manusia sebenarnya mempunyai panjang 55 mili.
  97. Perjalanan impuls ke otak mencapai kecepatan 170 mil per jam.
  98. Pria maupun wanita rata-rata berbicara sebanyak 31.500 kata per hari.
  99. Kebanyakan debu yang ada dirumah kita berasal dari sel kulit mati.
  100. Manusia masih mungkin untuk tetap hidup walaupun misalnya beberapa organ tubuh seperti lambung, limpa kecil, satu ginjal, satu paru-paru, 75% dari hati, 80% usus besar, dan hampir seluruh organ di area pinggul dan paha.

Komentar