Apa itu Blog?

Blog adalah website pribadi yang berisi tentang artikel-artikel yang di update secara berkala oleh penulisnya yang bertujuan untuk menyampaikan sesuatu kepada pembaca. Isinya bisa bermacam-macam tergantung keinginan dan keperluan si penulisnya, bisa berupa catatan harian penulis, kejadian-kejadian penting, informasi mengenai produk atau jasa dan lain-lain.

Jadi blog tidak hanya di gunakan untuk berbagi cerita dan informasi tetapi juga bisa di gunakan untuk mencari penghasilan misalnya dengan memasang iklan di dalam blog tersebut atau mengikuti program-program bisnis online yang banyak terdapat di internet. Blog juga hampir sama dengan diary, kita bisa menulis kegiatan ataupun kejadian di sekitar kita tetapi bedanya adalah blog dibuat agar bisa dibaca oleh semua orang sedangkan diary tidak.

Sedangkan menurut wikipedia blog merupakan singkatan dari "web log" yaitu bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama) meskipun tidak selamanya demikian.

Istilah weblog pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997 untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.

Blog kemudian berkembang mencari bentuk yang sesuai dengan kemauan para pembuatnya atau para blogger. Blog yang pada awalnya merupakan "catatan perjalanan" seseorang di internet, yaitu link ke website yang di kunjungi dan dianggap menarik kemudian menjadi jauh lebih menarik daripada sebuah daftar link. Hal ini disebabkan karena para blogger biasanya juga tidak lupa menyematkan komentar-komentar mereka, pendapat-pendapat pribadi dan bahkan mengekspresikan sarkasme mereka pada link yang mereka buat. Dan dari komentar-komentar tersebut blog kemudian menjadi jendela yang memungkinkan kita "mengintip" isi kepala dan kehidupan sehari-hari dari para pembuatnya. Blog adalah cara mudah untuk mengenal kepribadian seorang blogger, topik-topik apa yang dia sukai dan tidak sukai, apa yang dia pikirkan terhadap link-link yang ia pilih, apa tanggapannya terhadap suatu isu, semuanya biasanya tergambar jelas pada blognya.

Blog pertama dibuat dengan browser mosaic, mosaic sendiri adalah browser pertama sebelum internet explorer dan nescape. Justin Hall memulai web pribadinya dengan nama Justin's Home Page yang kemudian berubah menjadi links from the underground yang mungkin dapat disebut sebagai blog pertama seperti yang kita kenal sekarang. Blog mulai berkembang pada tahun 1998, pada saat itu web bisa dipasangi iklan oleh pihak ketiga

Pada saat ini blog merupakan media komunikasi yang paling populer. Jutaan webmaster yang ada di seluruh dunia menggunakan blog untuk berbagi informasi dan berkomunikasi setiap harinya. Dan untuk bisa memiliki blog juga sangat mudah, karena anda tidak perlu menguasai bahasa HTML atau web design yang rumit apalagi untuk membuat blog itu GRATIS dan banyak sekali situs yang memberikan layanan seperti ini, dan salah satunya adalah blogger.

Jadi blog bisa merupakan buku harian pribadi. Kotak sabun politik. Outlet berita terkini. Koleksi link pribadi. Pikiran pribadi Anda sendiri. Catatan untuk dunia. Blog Anda akan menjadi apapun yang Anda inginkan. Ada berjuta-juta blog di internet, dalam segala bentuk dan ukuran dan tidak ada aturan yang sesungguhnya. Blogging lebih dari sekedar meletakkan pemikiran Anda di web, blogging adalah mengenai terhubung dengan dan mendengar dari siapapun yang membaca postingan anda dan peduli untuk memberikan respon.

Komentar