Hatsune Miku

Untuk nyesuaikan dengan theme, kenalan dulu yuk sama Hatsune Miku. Hatsune Miku (初音ミク) adalah produk perangkat lunak yang menghasilkan suara nyanyian, dirilis tanggal 31 Agustus 2007 oleh salah satu anak perusahaan Yamaha Corporation yaitu Crypton Future Media. Nama Hatsune Miku sendiri berasal dari bahasa Jepang yang berarti pertama (初 hatsu), suara (音 ne), dan masa depan Miku (ミク) yang merupakan nanori dari mirai (未来). Penggabungan kata-kata tersebut secara harfiah berarti "Suara Pertama Dari Masa Depan" karena dia adalah penyanyi pertama dari serangkaian penyanyi "Character Vocal Series" yang diproduksi oleh Crypton. Suara Miku berasal dari sampling suara Saki Fujita (藤田 咲 Fujita Saki), seorang pengisi suara dari Jepang. Hatsune Miku juga melakukan konser-konser di atas panggung sebagai proyeksi hologram. Konsernya 100% holografik. Ada 16 proyektor yang ditujukan khusus melihat melalui layar; ketika diproyeksikan di sync itu menambah efek 3D tanpa memerlukan kacamata 3D. Dia hadir di atas panggung menyanyi dan menari layaknya diva pop dunia dengan koreografi eksentriknya yang energik serta diiringi band asli.

Gara-gara Mikulah software Vocaloid menjadi terkenal dan mendunia. Sebelum kehadiran Hatsune Miku software Vocaloid sangat sedikit penggunanya bahkan penjualan software Vocaloid yang hanya menyentuh 1,000 unit sudah bisa dibilang sangat bagus. Tanggal 31 Agustus 2007 Hatsune Miku dirilis dan 12 hari pertama sebanyak 3,000 unit software Vocaloid2 Hatsune Miku telah dipesan. Total sebanyak 60,000 unit lebih software Vocaloid2 Hatsune Miku terjual dan menjadikannya sebagai salah satu software musik terlaris. Seiring dengan penjualan yang tinggi banyak pengguna Vocaloid Hatsune Miku yang mengupload hasil karya mereka ke situs Nico Nico Douga, sebuah situs Jepang mirip Youtube dimana komentar yang kita tulis tentang sebuah video akan muncul secara live di video tersebut. Lagu-lagu karya ryo(supercell) seperti Melt, World is Mine atau Black Rock Shooter mampu mendapatkan jutaan view beberapa saat setelah di posting di Nico Nico Douga. Supercell merupakan salah satu produser vocaloid yang mampu menjelma menjadi produser musik yang diperhitungkan di jagat musik Jepang dan dikenal secara luas di dunia. Tentu selain supercell masih banyak produser vocaloid vocaloid lainnya yang "mendunia".

Ketenaran Miku di dunia maya juga terjadi di dunia nyata hal ini membuat Miku ada dimana-mana mulai dari poster di jalan-jalan atau kereta api, iklan di TV, game Project Diva untuk PSP, PS3, dan PS Vita (akan rilis tahun 2012) serta game Project Mirai untuk Nintendo 3DS yang akan dirilis bulan Maret 2012, Miku juga memiliki action figure dan nendoroid, bahkan Miku memiliki tim balap mobil sendiri yang berlomba di ajang SuperGT class GT300 sejak 2008 hingga sekarang. 

Jadi gak cuma manusia aja yang bisa jadi diva coz lagunya juga asik buat di dengerin.



Komentar