Fakta Menarik Tentang Sampah

Sampah, bagi sebagian orang ini bukan hal yang menarik untuk dibahas. Ini karena sampah bukanlah barang yang penting dan tidak dapat digunakan sebagaimana barang lainnya. Sampah dianggap hanya dapat dimanfaatkan oleh para pemulung yang kemudian di jual kepada para pengepul sampah. Dan selanjutnya tidak akan peduli kemana dan dimanfaatkan untuk apa setelah di jual. Sikap acauh tak acuh menyebabkan masyarakat enggan mengetahui hal menarik tentang sampah, padahal jika semua penduduk dunia memperlakukan sampah dengan baik, diharapkan akan muncul tingkat kepedulian masyarakat terhadap sampah dan pengelolaannya. Namun tahukah Anda ada 4 fakta menarik tentang sampah yang harus diketahui.

1. 80% sampah di laut adalah plastik.

Jumlah sampah yang ada dilaut seluruh dunia diperkirakan 9 juta ton setiap tahunnya dan 80% merupakan sampah berbahan plastik. Senyawa kimia sebagai bahan utama plastik membuatnya tahan lama dari berbagai kekuatan alam. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kantong plastik akan tetap berwujud sekurang-kurangnya 10-15 tahun. Tentunya tidak dapat diperkirakan kurun waktu yang diperlukan sampah untuk dapat terurai. Dampak yang akan terjadi akibat banyaknya sampah plastik di laut yaitu rusaknya ekosistem laut seperti air laut menjadi tercemar, spesies laut yang rentan plastik akan menjadi punah diantaranya burung camar dan Albatrosses.

2. 17 milyar sampah plastik dari Supermarket.

Pusat perbelanjaan yang ada diseluruh dunia merupakan sumber utama terbentuknya gunung sampah. Ini dikarenakan banyaknya makanan siap saji yang dibungkus dengan plastik dan styrofoam. Kemudian kantong plastik digunakan pula untuk membungkus barang yang dibeli. Semua ini menyebabkan supermarket merupakan penghasil sampah plastik terbesar di dunia.

3. 12 juta barel minyak serta 14 juta pohon untuk membuat plastik.

Banyaknya plastik yang dibutuhakan oleh penduduk dunia untuk pembungkus makanan atau barang lainnya, membuat langkanya sumber daya alam di bumi. Bayangkan saja untuk membuat plastik di dunia setiap tahunnya membutuhkan 12 juta barel minyak serta 14 juta pohon. Hal ini mengundang kekhawatiran bagi manusia untuk menemukan bahan yang dapat digantikan untuk mengurangi penggunaan plastik di dunia. Hal ini tentunya berbeda dengan zaman dulu yang hanya menggunakan daun pisang untuk pembungkus makanan. Walaupun digunakan secara besar-besaran, daun akan cepat terurai di tanah.

4. 27.000 batang kayu setiap hari digunakan untuk pembuatan kertas.

Kertas, dan tissue menjadi barang yang tidak asing bagi kita semua. Fakta menariknya, sampah kertas dan tissue membutuhkan sumber daya alam berupa 27.000 batang kayu. Pemakaian yang tinggi akan produk yang terbuat dari kayu ini, ternyata sulit untuk dilakukan daur ulang, sehingga tidak heran sampah kertas dan tissue menumpuk bersama sampah plastik. Hal ini akan membuat lingkungan menjadi rusak. Selain sidikitnya pohon di bumi, juga dapat menyebabkan pencemaran lingkungan dan berbagai dampak lainnya seperti air sungai meluap dan menyebabkan banjir.

Semoga keempat fakta menarik tentang sampah ini dapat memberikan kesadaran kepada kita akan pentingnya menjaga lingkungan. Kemudian dapat mengurangi pemakaian bahan plastik dan mengola sampah menjadi hal yang bermanfaat.


Komentar